Next Post
President-ferari-ahmad-syafii-nasution_compress15

IKN Nusantara Bangkitkan UMKM Warung Geboy Oke

c1_IMG-20220819-WA0006_ 182b33e256f_4

Balikpapan | Kehadiran Ibu kota Negara (IKN) Nusantara Di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat berdampak positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan.

Menanggapi hal tersebut, Rina Kartika Dewi, Pimpinan UMKM Warung Geboy Oke Kota Balikpapan menerangkan kepada awak media berkaitan dampak positif kehadiran IKN Kalimantan Timur.

” Tanggapan saya dengan kehadiran IKN di Kalimantan Timur itu luar biasa exciting banget, tidak pernah terpikir akan pindahnya Ibukota Negara ke Bumi Kalimantan Timur. Sebagaimana kita ketahui bahwa memang letak geografis struktur IKN PPU memang bagus banget dan mendukung banget untuk kepindahan Ibukota baru ke Bumi Kalimantan Timur,”ungkapnya pada Kamis (18/08/2022)

Wanita yang kerap di sapa Rina menambahkan, saya selalu menganggap sesuatu dan menanggapi sesuatu hal itu positif, memang secara pasti ada dampaknya tetapi kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, segala bidang aspek kehidupan disiapkan.

” Sebagai pelaku UMKM di kota Balikpapan, saya bergerak di bidang kuliner, sebagai pelaku UMKM, jadi sudah mempersiapkan dengan produk-produk yang akan kita tawarkan karena nanti akan banyak sekali tamu-tamu yang akan datang mengunjungi Kalimantan Timur, banyaknya pesaing mungkin dari luar Kalimantan Timur membawa produk dan langsung menawarkan di sini, jadi kita harus mempersiapkannya dalam segala hal, contohnya siapkan legalitasnya karena sekarang konsumen sudah cerdas, jadi mereka melihat dulu sudah ada legalitasnya atau belum, ada ijin PIRT, ada sertifikat halal dan ijin edarnya,” ungkap Rina.

Selain itu, Menjadi nilai tambah dan poin plus bagi produk kita jika telah memiliki legalitas yang lengkap dan juga dari segi kemasan kita harus mampu bersaing, dimana kemasan kita desain secantik dan semenarik mungkin agar kesan pertama begitu menggoda, Kemasan yang baik dan menarik, menjadi keharusan untuk dipersiapkan, sebagai pemilik UMKM pribadi bukan hanya pintar memproduksi makanan tetapi juga harus smart, kita terus menambah dan meng-upload diri kita dan melatih, sekarang banyak sekali peran dan support dari segala instansi terutama instansi pemerintah terhadap UMKM yang luar biasa, jadi sering sekali kami menerima pelatihan mulai dari pelatihan keuangan, desain, pelatihan digital, entrepreneur, marketing, bahkan apapun go export. Peningkatan SDM dimaksudkan agar supaya produk kita ini bisa bangkit, UMKM naik kelas dan tidak dipandang sebelah mata, untuk mampu bersaing, maka dengan melakukan upgrade ilmu mengikuti kemajuan zaman dan harus tetap meningkatkan kualitas dan quantity produk yang diedarkan, agar produk yang dijual semakin berkembang dan signifikan penjualannya.

” Manfaat yang saya rasakan sebagai UMKM dengan hadirnya IKN, sebagai pintu gerbang kota Balikpapan, luar biasa sekali nantinya akan banyak tamu-tamu yang akan berkunjung. Oleh karenanya kita harus siap menyambut mereka, harus sudah mempersiapkan produk terbaik, bagi yang di bidang kuliner harus siap dengan produk dan segala macamnya legalitas untuk kesehatan produknya, higienisnya kalau untuk produk di fashion batik itu harus sudah mempersiapkan desain-desain terbarunya untuk menyambut tamu-tamu yang akan hadir,” ujarnya.

Ia menambahkan, Nanti jika jadi dipindahkan ke sini berarti semua instansi dan ASN pemerintah itu memakai seragam batik Kalimantan Timur, itu luar biasa amazing banget, jadi para UMKM harus sudah mempersiapkan semuanya bukan hanya kuliner, griya, fashion, sovenir dan apapun itu sudah harus dipersiapkan.

” Kehadiran IKN selalu berdampak positif dan hampir tidak ada dampak negatif, semua harus tetap positif thinking dan jangan terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya, Pandangan kita adanya IKN kedepannya dunia UMKM akan lebih baik lagi dan akan mengangkat harkat dan martabat Bumi Kalimantan Timur untuk menyambut tahun Indonesia emas 2045,” Pungkasnya. (Hrmn/BA)

kontras86

Adi Merdeka

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Newsletter

Silakan isi email dibawah ini

Iklan Samping

SUMPAH PEMUDA 2022 ac_O3k2ruNy9w
c1_HUT-RI-77_ 182952feeec_0.png
c1_IMG-20220816-WA0026_ 182a5a83bee_0
SR LUMIERE LAW FIRM 20220628_204004
CBI_compress46
IMG-20220401-WA0049_compress17
IMG_20211227_161234_compress29
IMG-20211230-WA0014_compress55
IMG-20211218-WA0041_compress97
logo-pwi-antara
IMG_20201011_210144-720x375_compress67

Recent News